Facebook

Selasa, 15 April 2014

Cinta, Harapan dan Keluarga Baru


Kali ini saya akan berbagi cerita tentang Cinta yang baru, Harapan yang baru, Keluarga yang baru, Indonesia Youth Political Institute, IYPInstitute. IYPInstitute adalah aktualisasi gagasan yang berkecambuk mulai 2 Tahun lalu, bersama Mouliza Kristopher Donna Swenstani, dimana mimpi kami membuat wadah bagi pemuda menjadi melek dan aktif pada kehidupan berpolitik kami tuangkan dan kami ajukan dalam sebuah proposal PKM. Tapi, angan itu pupus, ketika dosen pembimbing kami menilai proposal dengan gagasan ini tidak realistis, dan tidak menjual, Mimpi hanya bunga tidur kala itu.

Rasa yang sama, muncul pertengahan Januari 2014. Sebagai sepasang kekasih, saya dan Donna punya intensitas pertemuan yang tinggi, kita mulai kembali berdiskusi pada mimpi kita 2 tahun yang lalu. Kenapa mimpi itu muncul kembali? Pertama adalah karena saya sudah pensiun dari kehidupan BEM yang 2 tahun saya jalani. Donna sudah mengurangi porsinya untuk mengikuti banayk summit dan ingin tidak hanya jadi followers, tapi bisa berdaya menciptakannya. Kedua, alasan kenapa gagasan ini kembali muncul adalah ketika banyak dari adik kelas saya yang bingung mendaftar organisasi dikampusnya, takut pada wawancara, takut tidak di terima dan sebagainya.
IYPInstitute kita bangun, mulai tercetus dan kita sepakati sebagai hari lahir adalah bertepatan dengan tanggal 31 Januari 2014. IYPInsitute  berfokus pada dua hal yang saling berkaitan, yaitu pemuda dan politik. Kenapa pemuda dan politik? Karena sadar-tidak sadar, hari ini kita yang berperan sebagai pemuda, akan menua dan dititipi urusan besar untuk mengurus negeri ini. Maka IYPInstitute hadir sebagai salah satu wadah untuk mempersiapkan pemuda, untuk melek, untuk peduli, dan untuk aktif dalam kehidupan politik, yang berusaha cerdas secara politik, dan kemudian mencerdaskan yang lain.
Singkatnya, cita-cita saya dan Donna tentang IYPInstitute mendapat respon yang baik, tandanya dengan banyaknya yang tertarik dan kemudian secara aktif mendaftarkan diri. Bahkan, yang saya tidak duga, mereka yang mendaftar tak hanya mereka yang berdomisili di kota dimana IYPInstitute digagas, Semarang, tapi juga tersebar di berbagai kota di Indonesia, Aceh, Medan, Lampung, Jakarta, Bogor, Bandung, Purwokerto, malang, dan Jaya Pura. Pertemuan pertama, dihadiri 12 orang, cukup membuat tersenyum, karena secara nyata masih banyak pemuda yang hadir.

Pasca-pertemuan IYPInstitute yang pertama, ada jeda panjang, karena ada rekonsolidasi antara saya dan Donna, menyatukan kembali bagaimana sebetulnya organisasi ini. Kampanye tentang organisasi ini terus berjalan, pertemuan kedua di gelar, massa yang hadir semakin banyak, sekitar 20 orang hadir, pertemuan ini kita mulai serius membahas bagaimana mekanisme pembentukan pengurun harian IYPInstitute, pada forum ini pula, saya didaulat menjadi Presiden, dan Donna menjadi Sekretaris Utama.

Pembahasan bagaimana formulasi pengisian struktur organisasi IYPInstitute telah selesai, saya, Donna dan beberapa kawan yang sejak awal membantu saya menggaggas mimpi ini telah menentukan, siapa mengisi jabatan apa, tentu dengan banyak per\timbangan. Tiba saatnya  semalam, pengurun IYPInstitute secara resmi bertemu. Saya kagum, atas semangat, optimisme dan cinta pada keluarga baru kita. Kita yang terdiri dari berbagai latar yang bebeda, dalam waktu yang singkat, dapat bersama-sama membaur, yang kemudian merumuskan banyak hal yang harus kita dan IYPInstitute lalui.
Saya selaku Presiden IYPInstitute berharap, kita sebagai sebuah cinta yang baru, harapan yang baru, dan keluarga yang baru, mampu mensinergi diri dirumah yang pintunya adalah cinta,ruangnya adalah kerja keras, sekatnya adalah optimisme dan dikelilingi oleh niat baik. Akhirnya saya berharap anda semua dapat bekerja untuk IYPInstitute, untuk pemuda dan untuk Indonesia. Selamat “Menggagas Asa Untuk Indonesia - Selamat Mengejar Mimpi Berjuang Untuk Negeri”  



4 komentar:

  1. Selamat!
    Ini adalah salah satu karya nyata dari mahasiswa Indonesia untuk bangsa dan negaranya.
    Mudah-mudahan kehadiran IYPInstitute bisa memberikan pencerahan politik bagi kaum muda, khususnya mahasiswa di kampus-kampus. Agar kelak ketika mereka menjadi pemimpin masyarakat-bangsa bisa benar-benar amanah dalam berpolitik!

    BalasHapus
  2. http://ghulammanar.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Aminn...Terima kasih Doa dan dukungannya pak. :D

    BalasHapus